Penjaringan dan Pendaftaran Vaksinasi Secara Online, Efektif Raih Sasaran

Pekanbaru, 8 Juli 2021

Penjaringan dan Pendaftaran Peserta Vaksinasi dengan metode Online pada sasaran masyarakat umum ternyata sangat efektif untuk dilakukan. Selama 2 hari ini, tepatnya tanggal 7 dan 8 Juli 2021 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pekanbaru membuka Pos Pelayanan vaksinasi covid-19 di Kantor Induk yang beralamat di Jalan Rajawali Sakti Kota Pekanbaru. Kantor Induk yang hampir 2 tahun ini sepi vaksinasi jamaah Haji, kini diramaikan kembali dengan vaksinasi covid-19 pada masyarakat umum tanpa melihat asal domisili. Hal ini Sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/I/1669/2021 Tentang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Melalui Kegiatan Pos Pelayanan Vaksinasi dan Optimalisasi UPT Vertikal Kementerian Kesehatan.

Pelayanan vaksinasi yang kini dilaksanakan oleh KKP Kelas II Pekanbaru tidak lagi terbatas pada komunitas pelabuhan dan bandara saja, namun juga terbuka lebar bagi masyarakat luas tanpa melihat lagi Domisili pada Kartu Tanda Penduduk. Masyarakat sangat antusias untuk mendaftarkan diri secara online sejak diumumkannya kegiatan ini di Portal www.kkppekanbaru.com dan Social Media KKP Pekanbaru pada Instagram dan Facebook. Kesadaran masyarakat tampaknya mulai tumbuh akan pentingnya vaksinasi covid-19 sebagai salah satu jalan usaha untuk melindungi diri, keluarga, dan orang terdekatnya. Hal ini dapat dilihat dari tingginya cakupan vaksinasi di Kantor Induk selama 2 hari ini yaitu sebanyak 231 orang, dimana angka ini melebihi dari target yang diprediksi oleh petugas. Bahkan pada hari kedua pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat umum di kantor induk, petugas masih melayani pengunjung atau masyarakat yang ingin divaksin hingga di luar jam kerja operasional kantor.

Sementara di lokasi yang berbeda pelayanan vaksinasi covid-19 oleh KKP Kelas II Pekanbaru juga dilaksanakan di Bandara Sultan Syarif Kasim (BSSK) II dengan sasaran khusus untuk calon penumpang atau pelaku perjalanan udara. Pos Vaksinasinya terletak di lantai 2 arah ke pintu keberangkatan di samping pos Validasi Penumpang. Kebutuhan akan Pos Vaksinasi covid-19 di area keberangkatan BSSK II tampaknya masih tinggi, karena masih banyak calon penumpang pesawat yang belum memiliki kartu vaksin covid-19. Rencananya kegiatan ini akan terus berlangsung  hingga tanggal 20 Juli 2021, yaitu selama Pelaksanaan Pengetatan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat diberlakukan selagi Stok Vaksin Covid-19 di KKP Pekanbaru masih ada. Capaian target Vaksinasi Covid-19 di Pos Vaksinasi BSSK II sejak awal dibuka pada hari senin tanggal 5 Juli sampai dengan hari ini kamis 8 Juli 2021 adalah sebanyak 220 Orang. Jadi, jumlah keseluruhan penerima pelayanan vaksinasi covid-19 dari KKP Kelas II Pekanbaru selama PPKM Darurat adalah sebanyak 451 Orang.

Selain di kedua Pos pelayanan Vaksinasi yang telah disebutkan di atas, KKP Pekanbaru juga bekerjasama dengan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan Riau menyelenggarakan kegiatan vaksinasi bagi masyarakat umum di Kampus Jl. Melur Nomor 103 Kota Pekanbaru. Petugas dari KKP Pekanbaru mendapat jadwal setiap hari selasa dan kamis di setiap minggunya untuk bertugas melayani vaksinasi covid-19 di Kampus Poltekkes Kemenkes Riau. Ini semua merupakan upaya percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan Optimalisasi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Vertikal Kementerian Kesehatan yang ada di Riau guna mendukung target Pemerintah Pusat maupun Provinsi agar masyarakat di Indonesia pada umumnya dan masyarakat Riau pada khususnya mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok dalam waktu 1 tahun.

Humas KKP Kelas II Pekanbaru